SIDOARJO- Sebanyak 200 ibu hamil (bumil) mengikuti vaksinasi Covid-19 di gedung RSUD Sidoarjo, Kamis, 26 Agustus 2021.

Vaksinasi yang digelar RSUD Sidoarjo bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo ini diharapkan bisa menekan angka kematian pada ibu hamil akibat Covid-19. Vaksinasi bagi bumil ini ditinjau Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor. Kata Bupati Muhdlor, vaksin khusus bumil ini bertujuan untuk mencegah resiko kematian pada ibu hamil yang disebabkan oleh Covid-19.

“Ada catatan terkait fatality rate (tingkat kematian) di Sidoarjo yang disebabkan oleh Covid banyak terjadi di bumil,” cetus Gus Muhdlor, panggilan karib Ahmad Muhdlor. Dijelaskannya, vaksinasi Covid-19 untuk bumil harus mendapatkan penanganan khusus, tidak seperti vaksinasi Covid-19 pada umumnya.

“Kenapa dikhususkan karena penangananya juga khusus, seperti vaksinnya kita pilihkan yang KIPI-nya (Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi) paling rendah misalnya Sinovac,” beber alumni FISIP Unair ini. Bupati Muhdlor menambahkan, vaksinasi bagi bumil ini nantinya akan dilanjutkan di puskesmas-puskesmas.

Pihaknya akan menyiapkan kuota sebanyak-banyaknya dan bakal memberikan prioritas vaksin bagi para bumil di Sidoarjo. Direktur RSUD Sidoarjo, dr Atok Irawan, Sp.P menambahkan, bumil yang mengikuti vaksinasi, usai kehamilannya tiga bulan ke atas. Selain itu tidak memiliki tekanan darah di atas 140/90, tidak memiliki komorbit dan bukan penyintas Covid-19 selama tiga bulan. (*)

sumber : pitulas Tv