SIDOARJO – Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) RS Siti Hajar Sidoarjo nampak berlari di ruang sport center lantai sembilan gedung Darun Najah, Jumat (13/8). Mereka terlihat sedang berebut memakai alat pelindung diri (APD).

Rupanya mereka mengikuti lomba memakai APD secara baik dan benar. Lomba tersebut digelar untuk mengetahui pemahaman para nakes dalam memakai APD. Tak tanggung-tanggung, APD yang dipakai merupakan APD level 3.

“APD level 3 itu digunakan khusus ketika menangani pasien Covid-19. Sehingga pada proses penggunaannya harus sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP),” ujar dokter spesialis penyakit dalam dr Atik Yuniani, Sp.PD.

Menurutnya, SOP penggunaan APD tersebut perlu diperhatikan agar kesterilannya dapat tetap terjaga. Sehingga dalam menggunakan APD tak bisa sembarangan. Misalnya untuk kaki, pilihannya ada dua. Memakai kantong plastik atau sepatu boots.

Meski begitu, kata Atik, jika sudah memakai sepatu boots, tak perlu memakai kantong plastik di kaki. Namun jika memilih memakai keduanya juga diperbolehkan. Sementara dalam kegiatan itu, ada tiga kriteria yang bisa dinilai oleh para dewan juri.

“Ada kecepatan, ketepatan alias benar atau salah, serta kerapian. Ketepatan memakai APD sangat penting dalam merawat pasien Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Humas RS Siti Hajar Sidoarjo Machfud mengatakan, kegiatan itu sekaligus untuk memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia. Ada sekitar 38 peserta yang ikut dalam kegiatan itu. Mereka sehari-hari ikut bertugas dalam penanganan Covid-19. (far/vga)
Sumber: radar sidoarjo