Diare merupakan masalah pencernaan yang umum dialami, baik oleh anak-anak maupun lansia. Biasanya, diare berlangsung selama beberapa hari hingga dua minggu dengan gejala sering buang air besar, perut kram, dan kembung. Diare bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, keracunan makanan, pengunaan antibiotik, dan sebagainya.

Tak perlu khawatir, diare bisa disembuhkan dengan perawatan rumahan atau medis. Dilansir dari Healthline, 7 Maret 2019, berikut adalah 4 cara mengatasi diare yang paling efektif.

1. Menghidrasi tubuh

Hidrasi sangat penting ketika terserang diare. Dehidrasi akibat diare bisa berakibat fatal pada anak-anak dan lansia.Studi menunjukkan, orang dewasa yang mengalami gejala diare ringan bisa menghidras tubuh dengan mengonsumsi minuman elektrolit dan minum cukup air. Sedangkan untuk anak-anak, larutan hidrasi pediatrik oral yang dijual bebas juga bisa menjadi pilihan untuk mencegah dehidrasi pada anak yang terkena diare.

2. Konsumsi probiotik

Probiotik merupakan sumber bakteri baik yang bekerja di usus untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat.Bakteri baik memiliki peran penting dalam melindungi usus dari infeksi. Probiotik dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteriĀ  baik ketika terserang diare. Probiotik dapat ditemukan dalam banyak makanan, di antaranya adalah cokelat hitam, zaitun, kefir, kimchi, kombucha, acar, tempe, dan yogurt.

3. Konsumsi makanan rendah serat

Saat mengalami diare, ada jenis makanan yang harus dihindari dan ada pula makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Pilihlah makanan dengan serat rendah yang akan membantu mengatasi diare. Makanan tersebut termasuk pisang, nasi putih, saus apel, dan roti panggang.

Makanan lain yang juga bisa dikonsumsi oleh orang yang mengalami diare adalah havermut, kentang rebus atau panggang, ayam panggang tanpa kulit, dan sup ayam.

4. Hindari makanan berminyak

Makanan yang digoreng dan berminyak tidak dapat ditoleransi oleh sistem pencernaan yang sedang terserang diare.Selain makanan berlemak, makanan berserat tinggi juga harus dibatasi karena bisa mengakibatkan gejala diare semakin parah.

Adapun makanan dan minuman yang harus dihindari selama diare adalah alkohol, minuman manis, kacang polong, beri, brokoli, kol, bunga kol, buncis, jagung, es krim, sayuran berdaun hijau, susu, paprika, teh, dan plum.

source : kompas.com