Selanjutnya, kita bahas tentang sahur. Menurut hadist riwayat Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik r.a. didalam makanan sahur itu ada barokah. Dalam hadist tersebut, Rasulullah SAW bersabda “Tasahharu, fainna fis sahuuri barokah.” yang artinya makan sahurlah, karena didalam sahur itu ada barokah.

Hadist kedua tentang makan sahur adalah hadist riwayat Akhmad dari Abu Al-Khudri ra. Ia berkata Rasulullah pernah bersabda yang artinya “Makan sahur itu barokah. Maka janganlah kamu tinggalkan walaupun seorang diantaramu hanya minum seteguk air. Karena Allah dan para Malaikat-Nya akan mengucapkan shalawat pada orang-orang yang bersahur.” Banyak yang mengartikan Hadist ini sebagai, “Sahur itu cukup hanya dengan minum air saja.”

Menurut saya hadist ini justru menekankan betapa pentingnya air dalam hidup kita. Makanan bisa kita tinggalkan dalam beberapa hari, tetapi air tidak dapat ditinggalkan. Ingat orang bisa hidup tanpa makanan selama beberapa hari, tetapi orang tidak bisa hidup tanpa air lebih dari 1 hari. Minum air saat bulan puasa jangan kurang dari 8 gelas (1600 ml). Saat sahur minimum 2-3 gelas dan 5- 6 gelas saat buka hingga tidur. Minum sebanyak itu tidak mudah dilakukan, terutama bagi para lansia.