Sidoarjo- Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama’ (NU) cabang Sidoarjo melalui program peningkatan ketangguhan masyarakat menghadapi (PKMM) Covid-19 dan kenormalan baru lakukan distribusi bantuan non tunai (paket sembako) ke masyarakat desa plumbungan Sukodono , Selasa (23/02/ 2021).

Bertempat di halaman masjid Baitul Hamdi , plumbungan Sukodono. Distribusi paket sembako yang menggunakan aplikasi fintech melalui face recognization ( pengenalan wajah) ini merupakan kali kedua kalinya dari  implementasi program PKMM yang didukung oleh Siaga Palladium , DFAD dan PP LPBINU di desa plumbungan Sukodono ini. Sebagaimana diketahui program PKMM Covid-19 ini , mengcover dua desa , yaitu desa plumbungan Sukodono dan desa Sidodadi Taman.

Pada kesempatan distribusi bantuan non tunai ini, ikut terlibat dalam aktivitas pemeriksaan Kesehatan dari PC LKNU Sidoarjo dan Rumah Sehat BAZNAS yang melakukan pemeriksaan Kesehatan para penerima manfaat bantuan sekaligus pemberian vitamin dan masker.

“ Alhamdulillah kita bisa melakukan sinergi ,ramai ramai hadapi covid-19, tak hanya pemeriksaan Kesehatan saja dari teman teman LKNU dan Rumah sehat. Ada juga dari BAZNAS kabupaten Sidoarjo yang memberikan bantuan tunai ke perwakilan penerima manfaat program PKMM ini,” ungkap Nur Muchammad Solichudin , ketua LPBI NU Sidoarjo ini.

Selain itu, Lembaga Amil Zakat ,infaq Shodaqoh NU (Lazisnu) ranting Plumbungan Sukodono juga memberikan beasiswa sebanyak 12 anak didik warga desa plumbungan saat mengawali proses distribusi bantuan non tunai program PKMM ini.

Bantuan Tunai ke perwakilan Penerima manfaat dari BAZNAS Kabupaten Sidoarjo

Acara yang juga dihadiri para pejabat forum pimpinan kecamatan ( Forpimka) Sukodono , Kapolsek, Koramil, dan camat  ini dimaksudkan juga untuk membangun solidaritas bersama menghadapi covid-19 yang masih mengancam dikehidupan sehari harinya. Pada kesempatan tersebut , Camat Sukodono M. Mahmud (Plt) menyampaikan rasa syukur dan harapannya ,upaya bersama menghadapi covid-19 sebagai contoh yang baik dan strategis.

“ Covid-19 memang harus dihadapi secara bersama sama, Alhamdulillah kita bisa mewujudkan kekompakan untuk bersama sama menghadapi covid dengan gerak bersama,” Ungkap PLT Camat Sukodono ini.

Menurutnya, upaya ini bisa jadi role model (contoh) menghadapi pandemic covid ini pada desa desa lain , khususnya di desa kecamatn Sukodono.

Plt Camat Sukodono , M.Mahmud simbolis memberikan Bantuan Beasiswa Lazisnu Ranting Plumbungan

Program PKMM Covid 19 ini, sudah dimulai sejak bulan juli 2020 , dimana pada tiap desa sasaran program di tiap RW nya di bentuk relawan kelompok kerja (pokja) yang sejak awal program aktif untuk melakukan edukasi kepada masyarakat untuk taat protocol Kesehatan (prokes) selalu bermasker, jaga  jarak dan cuci tangan pakai sabun. Sebelumnya, juga dibagikan masker untuk semua penduduk.pemasangan baliho prokes, penempatan hand wahing portable dan materi edukasi lainnya termasuk pemeriksaan kesehatan (surveilans) secara rutin yang dipantau melalui dashboard program.