Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari dan tahun ini bertepatan dengan hari Kamis (4/2/2021). Hari Kanker Sedunia dibentuk atas inisiatif Union for International Cancer Control (UICC) untuk mendukung Deklarasi Kanker Dunia, yang dibuat pada tahun 2008.

Peringatan Hari Kanker Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker. Sedangkan tujuan utama dari Hari Kanker Sedunia adalah untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker secara signifikan pada tahun 2020.

Fakta Utama Kanker

Berikut ini beberapa fakta tentang kanker yang dirangkum oleh UICC:

    • 10 juta orang meninggal karena kanker setiap tahun.
    • Setidaknya sepertiga dari kanker umum dapat dicegah.
    • Kanker adalah penyebab kematian nomor dua di dunia.
    • 70% kematian akibat kanker terjadi di negara berpenghasilan rendah hingga menengah.
    • Hingga 3,7 juta jiwa dapat diselamatkan setiap tahun dengan menerapkan strategi yang sesuai dengan sumber daya untuk pencegahan, deteksi dini, dan pengobatan.
    • Total biaya ekonomi tahunan dari kanker diperkirakan mencapai US$ 1,16 triliun.

Tema Hari Kanker Dunia

Tahun ini tema Hari Kanker Sedunia adalah “Together, all our actions matter“, atau bila diterjemahkan artinya “Bersama-sama, semua tindakan kita penting”.

Tahun 2021 juga menjadi tahun terakhir dari kampanye ‘I Am And I Will’ yang menunjukkan kepada kita bahwa tindakan akan berdampak pada semua orang di sekitar kita, di lingkungan, komunitas, dan kota tempat tinggal.

Kampanye ‘I Am And I Will’ dijalankan selama 3 tahun di mana Hari Kanker Dunia adalah kampanye yang dibangun untuk menggema, menginspirasi perubahan, dan memobilisasi tindakan lama setelah hari berlalu.

Ketika semua orang memilih untuk bersatu, kita dapat mencapai apa yang diinginkan, yakni dunia yang lebih sehat, lebih cerah tanpa kanker.

Logo Hari Kanker Dunia mengungkapkan pengalaman manusia yang sama tentang kanker, yang menampilkan seseorang yang merangkul dunia.

Sumber: tirto.id