istimewa

 

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – PC Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sidoarjo turut mendukung pelaksanaan Puncak Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2017, di GOR Delta Sidoarjo, Minggu (22/10) mendatang.

Selain mendirikan 10 Posko Kesehatan di dalam maupun luar stadion, LKNU Sidoarjo juga menggelar baksos berupa pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis serta promosi kesehatan terkait Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Dunia (Global Hand Washing Day) yang diperingati di bulan Oktober ini. Pendirian Posko Kesehatan sebagai antisipasi kedatangan ribuan santri yang mengikuti rangkaian acara peringatan HSN Tahun 2017.

Ketua PC LKNU Sidoarjo, dr Iqbal Faizin, MARS menjelaskan, telah menyiapkan tim kesehatan guna mengantisipasi terjadinya gangguan kesehatan terhadap para peserta puncak Peringatan HSN Tahun 2017.

“Di dalam stadion kita tempatkan dua tenda kesehatan lengkap dengan ambulance plus tenaga medis. Selain itu juga kita siapkan 8 tenda kesehatan mengelilingi dari luar stadion untuk antisipasi segala kemungkinan yang terjadi,” ungkap dr Iqbal, Jum’at (20/10).

Dia menghimbau, agar para peserta Peringatan HSN 2017 mempersiapkan diri secara optimal dan membawa bekal yang cukup utamanya air minum.

Dr Iqbal juga menjelaskan, tim kesehatan yang disiapkan, berasal dari berbagai pihak, baik internal NU maupun eksternal. Yakni dari RSI Siti Hajar Sidoarjo, RSUD Sidoarjo, Rumah Sehat Baznas-PGN-Al Chusnaini, dan Dinkes Sidoarjo. “Kami juga siapkan ratusan relawan kesehatan yang terus bergerak di lokasi untuk antisipasi kemungkinan terjadinya gangguan kesehatan,” beber dokter alumni FK Unair ini.

Kata dia, relawan yang dilibatkan selain dari Banser, juga melibatkan Corps Brigade Pembangunan dari IPNU Sidoarjo, Korps Pelajar Putri dari IPPNU Sidoarjo, Kader Siaga dari Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Sidoarjo.

PC LKNU Sidoarjo sendiri, dalam Puncak Peringatan HSN 2017 selain mengkoordinasi tim kesehatannya, juga menggelar bakti sosial berupa pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah dan promosi kesehatan terkait Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Dunia (Global Hand Washing Day) yang juga diperingati di bulan Oktober ini.

Untuk donor darah, LKNU Sidoarjo menggandeng PMI Sidoarjo. Sedangkan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis, didukung Hexapram Jaya, anak perusahaan PT Kalbe Farma.

Sedangkan promosi kesehatan perilaku cuci tangan pakai sabun di kalangan santri, PC LKNU Sidoarjo didukung USAID IUWASH PLUS, sebuah program untuk air minum dan sanitasi wilayah perkotaan di Indonesia dari Amerika Serikat.

“Kolaborasi dengan berbagai pihak ini merupakan keniscayaan untuk mencapai tingkat kesehatan masyarakat. Santri Sehat, Santri Mandiri, NKRI Hebat,” pungkas dr Iqbal Faizin, MARS. (sta/ns)

source asli :  https://bangsaonline.com/berita/38410/peringatan-hsn-2017-lknu-sidoarjo-siapkan-10-posko-kesehatan-dan-gelar-pengobatan-gratis